Berita

LPMPP Unhas Laksanakan Workshop Pengenalan Akreditasi Internasional ASIIN

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin lanjutkan pelaksanaan Program Penyiapan Program Studi Untuk Akreditasi Internasional Tahun 2022 dengan menggelar Workshop Pengenalan Akreditasi Internasional dan Pemaparan Standar serta Kriteria Akreditasi Internasional ASIIN secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (12/10).

Ketua LPMPP Unhas, Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc. mengawali kegiatan dengan memberikan Materi Konsep Dasar dan Persiapan Menuju Akreditasi Internasional. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sarana diskusi tentang konsep dasar akan diimplementasikan dalam akreditasi internasional dimana konsep dasar tersebut telah dijabarkan oleh pemerintah, dalam hal ini Direktorat Penjaminan Mutu, Ditjen Belmawa (Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan) dalam bentuk pedoman roadmap akreditasi/sertifikasi international.

Lebih lanjut, Prof. Musrizal menyampaikan bahwa bila mencermati konsep dasar ini dalam suatu pemahaman yang utuh, maka kita akan sampai pada 3 dimensi akreditasi internasional yang mencakup standardisasi outcomes, sistem dan mekanisme penjaminan mutu dan rekognisi internasional dan bila dimensi ini diramu maka Akreditasi internasional menekankan pada standardisasi kemampuan lulusan melalui evaluasi ketercapaian outcomes prodi, namun perlu diperhatikan pula, akreditasi ditunjukkan kepada institusi penyelenggaraan pendidikan dan bukan kepada lulusan.

Setelahnya, kegiatan dilanjutkan dengan materi Pengenalan Akreditasi Internasional ASIIN yang dibawakan oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. lalu diteruskan pemaparan tentang Penyusunan Dokumen SAR (Self Asessment Report) oleh fasilitator Unhas yang terdiri dari Prof. Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D., Rini Rachmawaty, S.Kep.,Ns.,MN., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc., dan Dr. Kasbawati, S.Si, M.Si.

Wokshop ini dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh perwakilan dari  Perguruan Tinggi yang ditetapkan oleh Dirjen Belmawa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi sebagai peserta dibawah bimbingan dari Universitas Hasanuddin.

Tautan Pendukung

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS