Berita

FGD Batch II Penyusunan Laporan Suplemen Konversi Peringkat Akreditasi Prodi Bagi Program Sarjana Terakreditasi “A” Tahun 2021 Dari BAN-PT

Dalam rangka memfasilitasi dalam penyusunan Dokumen Konversi Peringkat Akreditasi Prodi-Prodi Unhas dimana sehari sebelumnya telah dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Batch I Penyusunan Laporan Suplemen Konversi Peringkat Akreditasi Prodi bagi Program Sarjana Terakreditasi “A” Dari BAN-PT maka Lembaga Penjaminan Mutu dan dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin melanjutkan pendampingan bagi prodi-prodi yang telah memperoleh akreditasi “A” dari BAN-PT dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Batch II yang masih berfokus pada prodi program Sarjana dimana terdapat 37 (tiga puluh) diantara 65 (enam puluh lima) prodi yang telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi “A” dari BAN-PT adalah prodi program Sarjana.
 
Focus Group Discussin (FGD) Batch II dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 23 Mei 2021 di Hotel Golden Tulip Essential Makassar – Jl. Sultan Hasanuddin No. 43 Makassar dan diikuti oleh 15 (lima belas) prodi program sarjana, yang terdiri dari Prodi Sastra Jepang, Prodi Sastra Arab, Prodi Sastra Inggris, Prodi Sastra Indonesia, Prodi Ilmu Sejarah, Prodi Akuntansi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik, Prodi Statistika, Prodi Ilmu Kelautan, Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan, Prodi Teknik Industri, Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknik Lingkungan, dan Prodi Peternakan.

Kegiatan FGD diawali dengan orientasi kegiatan FGD oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Restu, M.P. lalu dilanjutkan dengan pemaparan tentang Kebijakan Unhas terkait Konversi Peringkat Akreditasi Prodi dan pemaparan dan penjelasan umum tatacara pengisian ISK oleh Ketua LPMPP Unhas Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. Mengikuti FGD sebelumnya, dilaksanakan pula diskusi penyusunan ISK dimana peserta dibagi ke dalam kelompok berdasarkan asal prodi yang didampingi oleh fasilitator sebagai narasumber kelompok dalam tata cara mengisi dan menyusun draft ISK tersebut.

Setelah diskusi kelompok dan pengisian instrumen suplemen konversi maka dari tiap prodi diminta untuk presentasi singkat tentang kemajuan, kendala yang dihadapi dan target penyelesaian yang disertai masukan agar dokumen ISK dari setiap Prodi dapat diselesaikan secepatnya.

Keluaran kegiatan seperti FGD sebelumnya adalah tersusunnya draf Laporan ISK dari prodi-prodi yang mengikuti kegiatan ini yang selanjutnya disempumakan di prodi masing-masing dan diharapkan versi akhir Laporan Suplemen Konversi Peringkat Akreditasi Program Studi siap dikirim ke BAN-PT melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) pada akhir tahun 2021 atau selambat-lambatnya sebelum masa akreditasi masing-masing prodi berakhir.

Tautan Pendukung

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS