Berita

Workshop Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi Akreditasi Program Studi Tahun 2020

Berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, peringkat akreditasi saat ini tidak lagi menggunakan peringkat akreditasi A, B, C tetapi menggunakan peringkat Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Sebagai tindak lanjut atas terbitnya Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020, BAN-PT telah menerbitkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi Untuk Akreditasi Yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Salah satu poin yang diatur dalam peraturan ini adalah tentang mekanisme konversi peringkat akreditasi yang lama ke peringkat akreditasi yang baru. Berdasarkan peraturan BAN-PT tersebut konversi predikat akreditasi program studi dan perguruan tinggi dilakukan dengan menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Peringkat Akreditasi. Sampai saat ini belum satupun program studi (prodi) di Universitas Hasanuddin yang telah terakreditasi dengan peringkat akreditasi yang baru. Terkait dengan hal tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu dan dan Pengembangan  Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin telah melaksanakan Workshop Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Peringkat Akreditasi pada tanggal 1 Juli 2020.
 

 
Kegiatan workshop diikuti oleh 5 (lima) program studi terakreditasi A yang masa akreditasinya akan berakhir pada tahun 2020, yakni Prodi Ilmu Administasi Negara, Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Prodi Matematika, Prodi Budidaya Perairan dan Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Pelaksanaan workshop berlangsung sehari penuh dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Restu, MP lalu dilanjutkan dengan sesi pemaparan tentang Kebijakan BAN-PT soal Akreditasi oleh Ketua LPMPP Unhas Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc serta pemaparan dan penjelasan tatacara pengisian ISK oleh Dr. Indrianty Sudirman, SE., M.Si. Pada sesi siang, peserta workshop dibagi ke dalam kelompok berdasarkan asal prodi dan setiap kelompok didampingi oleh dua orang fasilitator yang merupakan reviewer internal Unhas.
 

 
Adapun output dari kegiatan ini adalah tersusunnya draf ISK dari prodi peserta workshop yang selanjutnya akan disempurnakan di prodi masing-masing dan diharapkan versi akhir dokumen ISK siap diunggah ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (Sapto) BN-PT sebelum masa akreditasi masing-masing prodi berakhir.

Tautan Pendukung

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS