Berita

LPMPP Melaksanakan Pelatihan PEKERTI bagi Dosen Umum secara Daring

Pada Senin, 9 November 2020 Lembaga Penjaminan Mutu dan dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin melaksanakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Instruksional (PEKERTI) Angkatan Ke-71 bagi Dosen Umum selama 6 (enam) hari sejak tanggal 9 s.d. 14 November 2020 dimana Pelatihan kali ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang diikuti sejumlah 59 peserta yang sebahagian besar diantaranya merupakan dosen Universitas Hasanuddin sebanyak 41 orang dan 18 orang peserta umum.

Capaian pembelajaran Program Pelatihan PEKERTI adalah:
(1) Mampu merencanakan pembelajaran mata kuliah yang diampu dengan menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) menggunakan template yang baru dan diunggah di aplikasi SIKOLA;
(2) Mampu mendemonstrasikan proses pembelajaran yang diampu melalui microteaching dan metode pembelajaran yang sesuai dengan RPS;
(3) Mampu mengevaluasi hasil pembelajaran mata kuliah yang diampu dengan mengukur capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) dan mengukur CPL yang dibebankan pada mata kuliah yang diampu;
(4) Mampu mendemonstrasikan pembelajaran daring dengan menggunakan platform pada mata kuliah yang diampunya.

PELATIHAN HARI PERTAMA DAN KEDUA
Program pelatihan ini diawali dengan pembukaan dan orientasi pelatihan PEKERTI Angkatan Ke-71 oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc sebagai Ketua LPMPP yang didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si selaku Kepala Pusat Pengkajian Pengembangan Pembelajaran Kurikulum, materi pertama dan kedua diisi oleh Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D selaku Sekretaris LPMPP yang didampingi oleh Agussalim, S.IP., MIRAP dengan Taksonomi Capaian Pembelajaran dan dilanjutkan Penyusunan Capaian Pembelajaran (CPL, CPMK dan Sub-CPMK).
Kemudian dilanjutkan Sesi berikutnya diisi oleh Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, M.T yang memberikan 4 (empat) sesi materi yang terdiri: Pendidikan sebagai Sistem; Sertifikasi dan Beban Kerja Dosen; Teori Belajar dan diakhiri pada materi Terori Motivasi. adapun yang menjadi materi terakhir pada hari pertama pelatihan ini adalah Pendidikan Berbasis OBE (Outcome Based Educatian) yang dibawakan oleh bapak Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D.
Pada program pelatihan PEKERTI pada hari kedua tanggal 10 November 2020 diawali 3 (tiga) sesi dengan materi Penyusunan Indikator Penilaian Sub-CPMK dan CPMK yang dibawakan oleh Dr. Ir. Ganding Sitepu, Dipl-Ing  dan Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc dengan metode ceramah interaktif disertai praktikum lalu diteruskan materi Penilaian Hasil Belajar (Learning Assesment) yang diisi oleh Ir. Machmud Syam, DEA dan Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D.
Setelah Jeda untuk Sholat dan Makan Siang ditempat masing-masing, materi selanjutnya diisi oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si dan Nosakros Arya, S.Sos., M.I.Kom. dengan materi Dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Selanjutnya diisi oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc yang memberikan 3 (tiga) sesi yang terdiri atas materi Program SIKOLA, materi Paradigma Baru Pembelajaran-Merdeka Belajar dan materi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.

PELATIHAN HARI KETIGA DAN KEEMPAT
Pelatihan hari ke-3 tanggal 11 November 2020 dimulai dengan materi Assesment Rubric yang dibawakan oleh Ir. Machmud Syam, DEA dan Dr. Sri Suryani, DEA setelahnya dilanjutkan oleh Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling dan Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si dengan materi Bentuk dan Metode Pembelajaran dengan metode ceramah interaktif dan praktik secara daring. Sesi selanjutnya diisi dengan materi Model-model Pembelajaran Inovatif dengan Muhammad Ridwan, S.S., M.A dan Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D sebagai narasumber. Materi selanjutnya oleh Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling dan Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si dengan materi Media Pembelajaran. Adapun yang mengisi materi terakhir di pelatihan hari ketiga adalah ibu Rini Rachmawaty, S.Kep.,Ns.,MN., Ph.D dengan materi Pembelajaran Laboratorium.
Untuk pelatihan pada Kamis tanggal 12 November 2020 materi pertama diisi dengan Pembelajaran di Lapangan yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Elkawakib Syam’un, MP lalu diteruskan dengan materi Pengukuran CPL Yang Dibebankan ke Mata Kuliah oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc. kemudian berlanjut kepada materi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) diawali dengan ceramah interaktif yang bawakan oleh Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc dan Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, M.Si serta dilanjutkan sesi praktikum dimana peserta menyusun RPS mata kuliah yang diampu kemudian didiskusikan dari beberapa RPS mata kuliah yang dipresentasikan oleh peserta secara daring pula. Materi Teknik Presentasi yang dibawakan oleh Nosakros Arya, S.Sos.,M.I.Kom menjadi materi terakhir yang diterima oleh peserta pada hari keempat pelatihan ini.

PELATIHAN HARI KELIMA DAN PRAKTIK MICRO TEACHING
Pelaksanaan pelatihan hari kelima tanggal 13 November 2020, yang menjadi materi pertama adalah Pengadministrasian, Pengolahan dan Penilaian Hasil Belajar dengan Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling dan Ir. Machmud Syam, DEA. sebagai pemateri. Adapun 2 (dua) sesi selanjutnya diisi oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si dan Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling dengan materi Teknik Penulisan Laporan yang berlanjut setelah jeda Sholat Jum’at dan makan siang. Setelah itu, dilanjutkan materi Pembelajaran Tim yang diisi oleh Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si.
Adapun hari terakhir pelatihan pada Sabtu tanggal 14 November 2020 diisi Praktik Mengajar Mikro (Micro Teaching) dimana peserta dibagi kedalam 4 (empat) kelompok role play dan masing-masing kelompok didampingi oleh dua fasilitator.Dengan terlaksananya Praktek Micro Teaching maka program Pelatihan PEKERTI Angkatan Ke-71 telah berakhir dan bagi peserta yang telah menyelesaian pelatihan dapat menerima Sertifikat Pelatihan PEKERTI setelah mengikuti Pembimbingan Penulisan Laporan dan mengunggah Tugas Akhirnya melalui aplikasi SIKOLA.

Tautan Pendukung

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS