Berita

LPMPP Laksanakan Pelatihan AA Angkatan bagi Dosen Unhas secara Daring

Lembaga Penjaminan Mutu dan dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin menggelar Pelatihan Applied Approach (AA) Angkatan Ke-33 bagi Dosen Unhas selama 5 (lima) hari sejak tanggal 16 s.d. 21 November 2020. Pelatihan ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting yang diikuti sejumlah 31 peserta yang merupakan Dosen Universitas Hasanuddin.
Adapun yang menjadi capaian pembelajaran pada program pelatihan AA adalah:
(1) Mampu melakukan refleksi terhadap pelaksanaan proses pembelajaran mata kuliah yang diampunya yang mencakup aspek persiapan (RPS), Pelaksanaan (Metode dan Materi Pembelajaran), Evaluasi (Pengukuran CPMK dan CPL yang dibebankan pada Mata Kuliah) dan Upaya Perbaikan dan Tindak Lanjut;
(2) Mampu menulis bahan ajar mata kuliah yang diampunya berdasarkan pengalaman mengajar yang diperoleh
(3) Mampu melaksanakan proses pembalajaran bauran (Blended Learning)

PELATIHAN HARI PERTAMA DAN KEDUA
Program pelatihan ini diawali dengan pembukaan dan orientasi pelatihan AA Angkatan Ke-33 oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. sebagai Ketua LPMPP yang didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si selaku Kepala Pusat Pengkajian Pengembangan Pembelajaran Kurikulum. Materi sesi pertama diisi oleh Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D. selaku Sekretaris LPMPP dengan materi Program SIKOLA kemudian dilanjutkan materi Peningkatan Mutu Berkelanjutan dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah (Siklus PPEPP) oleh  Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc. lalu dilanjtkan Pengembangan Kurikulum Berbasis OBE (Outcome Based Educatian) yang dibawakan oleh bapak Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D. dan Agussalim, S.IP., MIRAP. Adapun yang materi Refleksi Upan Balik dan Review Teman Sejawat dalam Proses Belajar Mengajar yang dibawakan dengan metode ceramah interaktif oleh Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D. dan Elvita Bellani, S.Pi., M.A. menjadi materi terakhir pada hari pertama pelatihan ini.
Pada tanggal 17 November 2020, peserta pelatihan program AA diberikan materi Rekonstruksi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dibawakan dengan metode ceramah interaktif disertai praktek oleh Prof. Dr. Ir. Musrizal Muin, M.Sc. dan Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, M.Si. selama 4 sesi berturut-turut dan setelahnya dilanjutkan dengan materi Modul berbasis Video yang diisi oleh Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling. dan Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D.
Sesi pelatihan dilanjutkan dengan materi Analisis Pencapaian CPMK dan Sub CPMK yang dibawakan oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Asmuddin Natsir, M.Sc. lalu sesi terakhir diisi dengan materi Penyusunan Portofolio Mata Kuliah yang dibawakan dengan metode ceramah interaktif oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. dan Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D.


PELATIHAN HARI KETIGA DAN KEEMPAT
Pada tanggal 18 November 2020, pelatihan kembali dimulai dengan kegiatan praktek Penyusunan Portofolio Mata Kuliah oleh Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc. dan Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D. kemudian Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si. dan Dr. Kadek Ayu Erika, S.Kep., M.Kes dan dilanjutkan materi Penyusunan Modul/Buku Ajar oleh Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling. dan Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, M.Si. sebanyak tiga sesi kemudian ditambahkan dengan materi Menyusun Modul/Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian dengan narasumber yang sama. Adapun yang menjadi materi terakhir pada pelatihan dihari ketiga adalah Etika dan Moral Dalam Pembelajaran yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Nasaruddin Salam, MT.
Untuk pelatihan pada Kamis tanggal 19 November 2020 yang menjadi materi pertama adalah Modul Praktikum dan Praktik Kerja Lapang dan materi Simulasi Laboratorium yang diisi oleh Rini Rachmawaty, S.Kep.,Ns.,MN.,Ph.D dan Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si. kemudian dilanjutkan materi Ragam Media Pembelajaran yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Munir, E.Eng dan Ir. Machmud Syam, DEA. Setelah itu, peserta diberikan materi Evaluasi Proses Pembelajaran yang dibawakan oleh Ir. Machmud Syam, DEA. dan Dr. Ir. Ganding Sitepu, Dipl-Ing.dan yang mengisi materi terakhir pelatihan hari keempat adalah Optimalisasi Penggunaan Fitur-Fitur Learning Management System (SIKOLA).

PELATIHAN HARI TERAKHIR
Pelatihan hari terakhir, tanggal 20 November 2020 sesi pelatihan dilanjutkan dengan materi Optimalisasi Penggunaan Fitur-Fitur Learning Management System (SIKOLA) dimana merupakan lanjutan dari materi sesi terakhir pelatihan hari sebelumnya yang diisi oleh Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling. dan Dr. Ir. Triyatni Martosenjoyo, M.Si. lalu dilanjutkan dengan materi Sinkronisasi RPS dan Media E-Learning yang diisi oleh Dr. Yusring Sanusi B, S.S., M.App.Ling.  dan Ir. Rusnadi Padjung, M.Sc., Ph.D. dan Materi Penyusunan Laporan Karya AA yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Sutinah Made, M.Si. dan Ira Taskirawati, S.Hut., M.Si., Ph.D menjadi materi terakhir yang diterima oleh peserta pada pelatihan ini.

Dengan selesainya seluruh rangkaian materi maka program Pelatihan AA Angkatan Ke-33 telah berakhir dan bagi peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat menerima Sertifikat Pelatihan AA setelah mengikuti Pembimbingan Penulisan Laporan dan mengunggah Tugas Akhirnya melalui aplikasi SIKOLA.

Tautan Pendukung

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS