Berita

FGD Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Pada tanggal 16 – 18 Juli 2019 Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin bertempat di Hotel Four Point by Sheraton Makassar menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang dihadiri para peserta yang terdiri dari para Ketua Prodi Program Strata Satu dan Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) di lingkungan Unhas.


Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menyamakan persepsi diantara ketua prodi dan gugus penjaminan mutu di lingkungan Unhas tentang bagaimana pelaksanaan pengukuran CPL itu dilakukan. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP Selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas dan materi dibawakan oleh beberapa narasumber internal Unhas yang terdiri dari Dr. Ir. Prastawa Budi, M.Sc ;
Dr. Yulia Yusrini Djabir, S.Si.MBMSc., M.Si., Apt. ; Dr. Eng. Muhammad Isran Ramli, ST., MT. dan sebagai narasumber utama yang dibawakan oleh Megawati Santoso, Ph.D.


Megawati Santoso, Ph.D adalah dosen Kimia ITB yang juga reviewer Kemenristekdikti, anggota Majelis Pengembangan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, tim Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), tim Asean Qualification Reference Framework (AQRF), tim penyusun panduan kurikulum Dikti, dan tim penyusun Capaian Pembelajaran.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dalam bentuk panel diskusi dari presentasi penyusunan pengukuran CPL dari masing-masing kelompok fakultas terkait. Adapun tindaklanjut dari kegiatan ini dilaksanakan dengan pendalaman dan workshop lanjutan untuk penyusunan pengukuran CPL bagi setiap prodi di Unhas.

Tautan Pendukung

SIM UNHAS

SIM UNHAS

SIM UNHAS